Kemajuan Pendidikan Islam Menjadi Inspirasi Awal Kebangkitan Eropa

Kemajuan Pendidikan Islam
Menjadi Inspirasi Awal Kebangkitan Eropa

Memasuki tahun 133 H / 750 M kekuasaan Dinasti Umayah di Damaskus dipindahkan ke Qurtubah atau Kordoba di Spanyol. Selanjutnya di wilayah timur berdiri Dinasti Abbasiyah yang berpusat di Baghdad.

Pada periode ini merupakan era kejayaan pendidikan Islam. Jika Dinasti Umayah di Spanyol mendirikan Universitas Kordoba, maka Dinasti Abbasiyah mendirikan Universitas Nizhamiyah, kemudian di Mesir beridiri Universitas Al-Azhar.

Kejayaan pendidikan Islam di Spanyol dan Baghdad (Irak) menjadi inspirasi bagi masyarakat Eropa untuk bangkit dan memasuki Zaman Pencerahan (Renaissance).

Ketika ilmu pengetahuan berkembang di Spanyol, banyak orang Eropa datang belajar kesana, kemudian menterjemahkan karya-karya umat Islam dan mempelajarinya. Setelah pulang ke negeri masing-masing mereka mendirikan universitas dengan meniru pola pendidikan Islam di Spanyol.

Menurut Prof.Dr. Ahmad Mansur Suryanegara tidak hanya sistem kurikulum dan ujian yang diduplikasi masyarakat Eropa, bahkan proses wisuda juga sebenarnya terinspirasi dari dunia Islam. Toga dalam Latin, hanya dirubah sebagai pengganti istilah “jubah” berwarna hitam seperti warna Kiswah Ka’bah.

Tinggalkan komentar