SUPLEMEN PEMBELAJARAN SEJARAH

SUPLEMEN PEMBELAJARAN SEJARAH

Agar pelajaran sejarah dirasa lebih menarik, bernilai tambah, dan berbagai muatan sejarah lokal bisa masuk di dalamnya, berikut ini beberapa suplemen pembelajaran sejarah yang saya programkan di SMA Negeri 1 Tanjungbalai.

  1. Koin Peduli Sejarah

Koin peduli sejarah merupakan program menghimpun uang-uang koin pecahan Rp.500,- dan Rp.1000,- milik siswa untuk disumbangkan mendanai pembuatan sejumlah karya siswa yang bernilai sejarah. Diantara hasil produk program ini adalah mencetak dan membingkai sejumlah foto-foto lama kota Tanjungbalai lalu dipajang di sekolah atau ketika ada pameran-pameran pendidikan.

  1. Seminar Sejarah

                Program seminar sejarah lebih difokuskan untuk mengkaji sejarah lokal. Hal ini bertujuan agar siswa/i yang lulus dari SMA Negeri 1 Tanjungbalai tidak buta dengan sejarah kampung halamannya sendiri. Program ini sudah pernah berjalan sebanyak dua kali dengan tema Sejarah Berdirinya Kota Tanjungbalai dan Sejarah Kerajaan Batak di Negeri Asahan.

  1. Pameran Sejarah

                Pameran sejarah merupakan program untuk memamerkan sejumlah benda-benda bersejarah yang dikumpulkan oleh siswa. Benda-benda tersebut bisa berupa milik pribadi siswa bisa juga milik keluarga. Dibawa ke sekolah hanya bersifat sementara untuk dipamerkan ketika ada pameran sejarah.

  1. Study Tour Sejarah

Study tour dilakukan untuk mendekatkan siswa pada objek studi sejarah. Untuk pertama kali program ini digulirkan pada tahun 2014 dengan berkunjung ke Museum Negeri Sumatera Utara.

Hermansyah Siregar

Guru Sejarah SMA Negeri 1 Tanjungbalai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s