ABG; Sudah Cakep, Juga Sholeh, Prestasinya Oke.

ABG; Sudah Cakep, Juga Sholeh, Prestasinya Oke.

Judul di atas merupakan tema pengajian bulanan pelajar Muslim Tanjungbalai yang baru saja dilaksanakan pada hari jum’at, 13 Mei 2011. Selepas sholat ashar, mesjid Syuhada jalan SMA N 3 sudah mulai diramaikan oleh para pelajar yang akan mengikuti mengajian bulanan dari MY Club (Moslem Youth Club). Setelah persiapan teknis sekitar 30 menit acara pun dibuka oleh protokol, kemudian dilanjutkan dengan tilawah dan sambutan dari ketua MY Club cabang Tanjungbalai (Hermansyah Siregar).

Menjelang jam 5 sore, acara ceramah dari Pak Ahmad Nur Manurung,S.Pd dimulai. Pak Nur sebagai salah seorang tenaga pendidik di SMK N 4 Tanjungbalai dan juga sangat aktif dalam kegiatan-kegiatan pembinaan remaja dan pelajar tentu sudah dikenal oleh sebagian pelajar muslim Tanjungbalai. Mengawali ceramahnya, beliau menceritakan tiga profil pelajar yang berbeda. Pertama, si Yanto adalah seorang pelajar yang sholeh, rajin sholat dan baca Qur’an tapi di sekolah prestasi belajarnya kurang baik, tak jarang sampai tiga mata pelajaran dia tidak tuntas. Dari segi tampilan juga sering terlihat kumuh dan lusuh. Yang Kedua, si Yanti seorang pelajar yang pintar, selalu juara kelas, orangnya cantik, namun malas melaksanakan sholat dan baca Qur’an. Selanjutnya Yinta, seorang anak yang sudah tampilan pisik kurang menarik, sering berpakaian kurang rapi, prestasi belajarnya kurang baik alias sering harus remedial, dan termasuk pelajar yang malas sholat dan baca Qur’an.

Setelah menjelaskan ketiga profil pelajar tersebut, Pak Nur menanyakan kepada para pelajar yang hadir, kira-kira diantara ketiga profil tersebut, yang mana sosok pelajar yang ideal? Sebagian menjawab Yanto, ada juga yang menjawab Yanti. Namun tidak sedikit yang tidak menjawab, entah karena bingung harus memilih yang mana atau justru tidak tahu.

Berikutnya Pak Nur menjelaskan dengan rinci bahwa idealnya seorang pelajar muslim secara tampilan pisik harus baik, bersih dan rapi. Agar tampak cakep. Kemudian akhlaknya harus baik alias sholeh. Bahkan kalau bisa turut mengajak dan menyemangati teman-temannya agar bisa sama-sama menjadi anak yang sholeh. Dan yang terakhir adalah seorang pelajar muslim harus punya prestasi oke. Tentunya dengan rajin belajar. Nah, dari ketiga profil tersebut berarti tak yang memiliki ketiganya, cakep, sholeh, dan prestasi oke.

Semua pelajar yang hadir terlihat sangat antusias dan asyik mendengarkan ceramah tersebut. Apalagi diselingi dengan pemutaran video untuk membangitkan semangat menjadi ABG yang cakep, sholeh, dan punya prestasi oke. Dan ini sejalan dengan motto MY Club, the best generation.

Kegiatan serupa direncanakan akan dilaksanakan sebulan sekali dengan tempat yang berganti-ganti. Yaitu di mesjid terdekat dari SMA/SMK lainnya yang ada di Tanjungbalai. Semoga akan berjalan dengan sukses.

Oleh. Herman Siregar

Pak Ahmad Nur menyampaikan materi dengan semangat

Pelajar putra medengarkan materi dengan khusuk.

Walau duduk di lantai mesjid tanpa alas, tapi tetap semangat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s