Pelatihan Manajemen Rohis untuk Pelajar Tanjungbalai

Pelatihan Manajemen Rohis untuk Pelajar Tanjungbalai

 

Sejak dilantik menjadi pengurus MY Club Cabang Tanjungbalai, 29 Mei 2010 lalu, kami sudah berkomitmen untuk berkonsentrasi dalam kegiatan pembinaan remaja dan pelajar serta terus menggerakkan aktivitas dakwah sekolah di Tanjungbalai. Alhamdulillah seiring berjalannya waktu kami telah melakukan berbagai hal, seperti kegiatan Try Out USM STAN yang baru saja dilaksanakan 14 Nopember yang lalu yang bekerjasama dengan BKB Adzkia Medan. Adapun yang menjadi agenda kami selanjutnya adalah melaksanakan kegiatan Pelatihan Manajemen Rohis.

Dasar pemikiran dari pelaksanaan kegiatan ini adalah melihat realitas kondisi dakwah sekolah di tanjungbalai yang baru saja dirintis. Rohis yang diharapkan bisa menjadi lembaga penggerak aktivitas dakwah sekolah ternyata hingga hari ini menurut hemat kami belum menemukan format gerak yang tepat. Embrio yang mulai tumbuh dibeberapa sekolah masih terus berupaya mencari jatidiri yang sesungguhnya.

Oleh karenanya, kami (MY Club) sebagai lembaga yang konsen dalam pembinaan remaja dan pelajar termasuk di dalamnya aktivitas dakwah sekolah berupaya memberikan pemahaman yang benar kepada pelajar yang aktif dalam lembaga Rohis (Kerohanian Islam) yang sudah ada. Target yang ingin diperoleh dari kegiatan pelatihan ini setidaknya ada tiga poin, yaitu;

1.     Memperkenalkan profil Rohis

2.     Memberikan pemahaman tentang dasar-dasar berorganisasi

3.     Menghidupkan mading Rohis sebagai media berdakwah

Ke depan diharapkan pelatihan semacam ini akan dapat dilaksanakan secara berjenjang sehingga ada proses peningkatan pemahaman kepada para pelajar tentang pengelolaan dakwah sekolah. Sehingga pengelolaan dakwah sekolah akan semakin baik.

Untuk langkah awal, kami menargetkan akan mengundang pengurus Rohis SMA N 1, SMA N 3, SMA N 6, dan SMK N 4 sebagai peserta. Penetapan target sekolah tersebut bukanlah bermaksud mengabaikan sekolah yang lain. Akan tetapi dalam amatan kami ketiga sekolah tersebut sudah memiliki embrio Rohis, tinggal membina saja agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kepada para penggiat dakwah sekolah, pemerhati, dan kita semua masih punya kepedulian untuk mempersiapkan generasi terbaik bangsa ini khususnya generasi muda Tanjungbalai. Masukan dan sarannya sangat diharapkan. Untuk itu semua kami ucapkan terima kasih.

 

Oleh. Herman Siregar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s