Cita-cita Yang Belum Terwujud Hingga Akhir 2009

Cita-cita Yang Belum Terwujud Hingga Akhir 2009

 

Tepatnya tanggal 15 Januari 2008, Antologi Cerpen yang diberi judul “Tinta Ini, Cinta Pertama” diberikan sang penulisnya langsung pada saya. Pada lembar pertama setelah cover depan dia menuliskan “Persembahan tulus buat: Hermansyah Siregar – ini karyaku, mana karyamu?”. Spontan saya menjawab tantangan itu dengan menyebutkan bahwa saya juga berencana akan ikut serta menulis buku Bunga Rampai Dakwah Kampus Indonesia yang berisi tentang memoar para aktivis dakwah kampus dalam menggerakkan LDK di berbagai daerah. Kendati hingga dua tahun kemudian rencana ini belum juga terwujud.

Tantangan yang diberikan sang penulis Antologi Cerpen tersebut jujur sangat membekas dalam hati saya. Betapa tidak. Usia kami relatif sama dengan latar kehidupan yang juga hampir sama, yakni sama-sama kuliah sambil bekerja. Dari segi fasilitas beliau juga sangat terbatas sama seperti saya. Bahkan beliau sempat bercerita tidak jarang dia harus pergi ke rental komputer hanya untuk sekedar menulis sejumlah gagasan dan kegundahan-kegundahan dalam hatinya. Jadi saya pikir antara saya dengan beliau tidaklah jauh beda. Sehingga saya mengambil sebuah kesimpulan tidaklah mustahil bahwa kelak juga akan bisa menuangkan gagasan-gagasan saya dalam bentuk buku seperti beliau.

Dipertengan 2008, saya kembali dikejutkan dengan prestasi besar saudara Ridwansyah Yusuh (Eks Kepala GAMAIS ITB) berhasil menulis buku Rekayasa Lembaga Dakwah Kampus. Beliau sempat meminta saya untuk memberikan testimoni terhadap bukunya itu. Ntah penghargaan buat saya sebagai sahabat yang sama-sama berjuang di Dakwah Kampus kala itu. Atau justru mengingatkan saya agar juga bisa menulis buku seperti sering disampaikannya padaku.

Yang jelas, saya tidak_lah ingin menyalahkan keadaan dan keterbatasan yang kumiliki. Saya yakin insyaAllah pasti akan bisa menyusul untuk bisa menulis buku seperti mereka. Selagi masih ada kemauan insyaAllah pastilah disana ada jalan seperti dinasehatkan orang-orang bijak. Akankah tahun 2010 sebagai tahun pembuktian bahwa saya juga bisa menulis buku. Agaknya yang satu ini menjadi salah satu mimpi besar yang ingin segera saya wujudkan. Semoga.

 

Oleh. Herman Siregar

Tinggalkan Balasan

