Memperingati Hari Kemerdekaan RI

Memperingati Hari Kemerdekaan RI

Beberapa hari lagi bangsa Indonesia akan memperingati hari kemerdekaannya yang ke – 64. Sebuah usia yang tidak lagi tergolong muda. Ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari perjalanan panjang tersebut. Tentunya pelajaran yang akan menjadikan agar bangsa Indonesia mampu menghadapi berbagai problematika yang ada dengan bijak.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, sudah menjadi sebuah kebiasaan pada tanggal 17 agustus, bangsa Indoensia banyak menggelar berbagai acara untuk memperingati hari kemerdekaan RI. Model acara yang digelar sangat beragam. Mulai dari acara upacara HUT RI, napaktilas, pawai karnaval, dzikir bersama, hingga kegiatan-kegiatan yang bersifat hiburan seperti trompa panjang, panjat pinang, gebuk bantal, lomba joget dan lain-lain.

Sebagian masyarakat menyebutkan kegiatan tersebut digelar sebagai perwujudan dari ekspresi kegembiraan sekaligus tanda kesyukuran atas nikmat kemerdekaan. Namun, sulit rasanya menemukan benang merah antara kegiatan gebuk bantal dengan hari kemerdekaan, antara lomba joget dengan hari kemerdekaan dan seterusnya. Kalau napaktilas barangkali masih mending. Untuk kegiatan semisal lomba joget, justru ada kesan seolah kita tak menghormati jasa-jasa para pahlawan dengan acara seperti itu. Coba banyangkan, para pahlawan telah mengorbankan harta, tenaga, pikiran, bahkan nyawa mereka untuk menghantarkan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa merdeka. Setelah kemerdekaan diraih, sebagian anak bangsa justru mengenang perjuangan tersebut dengan berjoget ria yang tidak karuan.

Besar harapan, mulai tahun dan tahun-tahun yang akan dating, bangsa Indonesia akan memperingati dan merayakan hari kemerdekaan ini dengan penuh hikmah dan penuh penghormatan kepada para pahlawan. Kepada bangsa Indonesia selamat memperingati hari kemerdekaan dan ucapan terimakasih para pahlawan. Do’a kami menyertai kalian semua. Sekuat tenaga kami akan isi kemerdekaan ini dengan prestasi yang membanggakan.

Oleh. Herman Siregar

1 Comment

  1. Tanpa terasa negara kita ini sudah hampir 64 tahun berada dalam alam yang merdeka. setiap tahun pula kita selalu memperingatinya. namun, bangsa ini tidak sekedar butuh ritual dan rutinitas semata. negeri ini mendambakan kemerdekaan yang seutuhnya. merdeka bukan sekedar dalam arti lahiriah, tetapi jauh lebih dalam daripada itu. kita semua bertanggung jawab untuk mewujudkannya. sebab di tangan kita lah masa depan bangsa ini dipertaruhkan!
    Membuat Website

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s