Mendiskusikan Hari Jadi Kota Medan

Mendiskusikan Hari Jadi Kota Medan

 BalaiKota003

Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial (PUSSIS) Unimed kembali mempertanyakan penetapan hari jadi Kota Medan 1 Juli 1590. menurut Dr.phil.Ichwan Azhari,MS (Kepala PUSSIS Unimed) penetapan hari jadi kota Medan menjadi 1 Juli 1590 didasarkan pada manuskrip Hamparan Perak yang meriwayatkan tentang Guru Patimpus dan tidak memiliki hubungan sedikitpun dengan penetapan Medan menjadi Kota. 

Berdasarkan data-data yang dimiliki PUSSIS Unimed hari jadi kota yang sebenarnya adalah 1 April. Tanggal tersebut didasarkan pada pembentukan gemeente(Dewan Kota) pada 1 April 1909 oleh kolonial Belanda. Lantas apakah karena menolak kolonialisme kita justru tidak mau menerima fakta sejarah terbentuknya kota Medan. Demikian simpulan yang diberikan PUSSIS Unimed.

Disamping penetapan hari jadi kota Medan yang dinilai kontroversial, tentang penduduk asli Kota Medan juga menarik untuk didiskusikan. Karena kalau lahirnya kota Medan didasarkan pada kampung didirikan Guru Patimpus maka akan muncul pendapat yang menyimpulkan penduduk asli kota Medan adalah orang Karo. Lantas dimana peran orang Melayu dalam perkembangan kota Medan?

Semuanya perlu penelitian dan diskusi yang lebih mendalam sehingga masa lalu kota Medan akan tergambar dengan jelas.

 

Mari Kita Diskusikan…!

 

Oleh. Herman Siregar

2 Comments

  1. patimpus membangun kuta medan, utusan portugis tetap menggunakan nama “medan” dan melihat Gotjah Pahlawan dengan ciri-ciri fisik tinggi besar sebagai tokoh pendiri kota medan. Belanda yang datang kemudian mewarisi kuta medan dan menetapkan gemente medan 1 April 1904. Coba kita tirik benang merah dari semua fakta sejarah ini. Kan aneh juga kalao medan beridi pada abad ke-20, sementara ratusan tahun sebelumnya sudah ada kerajaan aru, kedatukan hamparan perak (Karo), sunggal dan lainnya. Selamat berdikusi.

    • Kasus penetapan hari jadi kota Medan ada kemiripan dengan Tanjungbalai, perlu dipertegas barangkali, bahwa yang diperingati adalah hari jadi kota. bukan terbentuknya kampung di daerah kota yang dimaksud atau bukan sejak kapan ada penggunaan istilah nama kota tersebut. Kalau bicara sejarah kota menuruh hemat saya, harus diperhatikan sejak kapan daerah tersebut menjadi pusat administratif dan bisnis. atau terlebih dahulu pembatasan defenisi kota yang dimaksud. karena kota modern berbeda dengan kota tradisional. Menurut saudara sendiri gmn?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s